Sebelumnya gw dah share software untuk belajar Hiragana - Katakana bernama Hikaro. Buat temen-temen yang belon tau apa itu Hikaro, klik di sini. Pada kesempatan kali ini gw bakal share tentang software yang dapat membantu temen2 buat belajar kanji, yaitu WAKAN. Dengan menggunakan software ini, kalian bisa mencari cara baca, huruf kanji, sekaligus mengetahui artinya versi bahasa inggris. Mantabh n asik kan? So kalian jd ga usah beli kamus kanji yang mahal apa lagi beli kamus bajakan alias Foto Copyan dari seseorang (pengalaman pribadi yang sangat menyakitkan).

Oke deh, yuk kita lihat fiturnya.

1. Mulai dari halaman depannya, kita akan diperlihatkan serentetan kanji yang jumlahnya sampai 6335, padahal untuk kehidupan sehari-hari orang Jepang saja sudah pusing dengan 2000 kanji tapi ini disatukan dengan kanji Cina yang memang disupport juga oleh software ini, karena dari artinya saja 和(wa)漢(kan) yang artinya Jepang-Cina.

2. Yang paling penting itu fungsi dictionary nya, dan ternyata wakan ini bisa two way dictionary alias bisa Japanese-English dan English-Japanese!! Ada juga contoh kalimatnya dibawah, tapi untuk fungsi kalimat ada file khusus lagi yang harus didownload di sini.

3. Setiap kita mengarahkan kursor ke salah satu kanji, maka akan muncul penjelasan kanji tersebut (kunyomi, onyomi, dll) tanpa harus mengkliknya.
4. Kita bisa juga membuat kalimat dengan hiragana kecil diatas kanji (furigana) sebagai cara bacanya.

4. Gambar di bawah adalah detail setiap kanji yang kita klik. Sangat lengkap!!! Ada cara baca mandarin dan tingkat JLPT untuk kanji yang bersangkutan. Untuk huruf yang tidak muncul itu(yang kotak), merupakan contoh komputer yang lemot dan tidak diinstall windows japanese fontpack (gambar1). Untuk memunculkannya memang harus diinstal, tapi kalau hanya mau membuat karakter Jepang bisa menggunakan software NJS.
Gimanaaaa????????? mantabh kannnnnnn!!!!!!!
Tunggu apa lagi, donlot sekaranggg !!!!!!!!!!!!!!!!

Donlot File : Click Me!!!


Comments (0)