Kalian dah nguasain penyebutan angka kan?? Kalo belon klik sini. Bagi yang udah nguasain, sekarang gw bakal share cara penyebutan hari, tanggal, bulan, dan tahun dalam bahasa Jepang. Caranya mah simpel aja sob, yang penting kalian harus nguasain penyebutan angka dalam bahasa Jepang..
Wokeh deh kita mulai saja...

A. Cara Menyebutkan Hari Bahasa Jepang
Nih gw kasih tau caranya sob...
Hari Minggu : nichiyoubi
Hari Senin : getsuyoubi
Hari Selasa : kayoubi
Hari Rabu : suiyoubi
Hari Kamis : mokuyoubi
Hari Jumat : kinyoubi
Hari Sabtu : doyoubi

B. Cara Menyebutkan Tanggal Bahasa Jepang
tanggal 1 = tsuitachi
tanggal 2 = futsuka
tanggal 3 = mikka
tanggal 4 = yokka
tanggal 5 = itsuka
tanggal 6 = muika
tanggal 7 = nanoka
tanggal 8 = youka
tanggal 9 = kokonoka
tanggal 10 = touka

Lho kok cuma ampe tanggal 10??? Yaaa soalnya selain tanggal yang sudah disebutkan di atas cara penyebutannya gampang sob. Kalian tinggal tambahin kata "nichi" di belakang angka.
Contoh :
tanggal 11 : 11(juuichi) nichi
tanggal 12 : 12(juuni) nichi
tanggal 13 : 13(juusan) nichi
dst....

C. Cara Menyebutkan Bulan Bahasa Jepang
Cara nyebutin bulan dalam bahasa Jepang sangat mudah sob. kalian tinggal nambahin kata "gatsu" di belakang angka. Supaya lebih jelas, liat aja penyebutannya di bawah !

bulan januari : 1(ichi) gatsu
bulan februari : 2(ni) gatsu
bulan maret : 3(san) gatsu
bulan april : 4(shi) gatsu
bulan mei : 5 (go) gatsu
bulan juni : 6(roku) gatsu
bulan juli : 7(shichi) gatsu
bulan agustus : 8(hachi) gatsu
bulan september : 9(ku) gatsu
bulan oktober : 10(juu) gatsu
bulan november : 11(juuichi) gatsu
bulan desember : 12(juuni) gatsu

D. Cara Penyebutan Tahun Bahasa Jepang
Ni dia nih yang paling gampang. Kalian tinggal nambahin kata "nen" di belakang angka sob. Coba liat contohnya di bawah !
Tahun 2000 : 2000(nisen) nen
tahun 1988 : 1988(sen kuhyaku hachijuu hachi) nen
Tahun 2010 : 2010(nisen juu) nen
dsb...



Naaahhh sekarang kalian dah bisa nyebutin tanggal ultah kalian make bahasa jepang kan?
Misal gw mau nyebutin tanggal lahir gw :
08 Agustus 1988 : 1988nen 8gatsu youka desu.
Kalo dilihat dari contoh di atas, format penyebutan tanggal dalam bahasa jepang adalah :
Tahun-Bulan-Tanggal

Inget ya...Dalam penyebutan angka 8 dan 1988 pada contoh di atas harus dieja menjadi hachi dan sen kuhayaku hachijuu hachi. Ni juga berlaku buat semua angka coyyy.

Contoh Kaiwa (percakapan)
X : Otanjoubi wa itsu desu ka. = ulang taunnya kapan?
Y : shi gatsu nijuu yon nichi desu. = 24 April.

Oh ya....Selain itu, kalian harus apalin ini juga sob coz penting banget...
Hari ini : kyou
besok : ashita
lusa : asatte
kemarin : kinou
minggu ini : konshuu
minggu depan : raishuu
minggu kemaren : senshuu
bulan ini : kongetsu
bulan depan : raigetsu
bulan kemaren : sengetsu
tahun ini : kotoshi
tahun depan : rainen
tahun kemarin : kyounen

Contoh Kaiwa :
X : kyou wa nan nichi nan gatsu desu ka. = hari ini tanggal berapa bulan berapa ?
Y : kyou desu ka. = hari ini ?
X : ee = ya
Y : kyou 3gatsu futsuka desu. = hari ini tanggal 2 bulan maret.

mudah kan sob...Kalo mau lebih pinter coba kalian buat hari, tanggal, bulan dan tahun sebanyak-banyaknya secara acak kemudian jawab....Selamat berjuang yaaaaa n semoga bermanfaat...



Comments (5)

On 1 Mei 2013 02.08 , Anonim mengatakan...

sankyu :)

 
On 30 Juli 2013 01.54 , yogi risdiansyah mengatakan...

39 :D

 
On 17 Agustus 2013 01.09 , Ramadhan Boedi Prasetyo mengatakan...

Mampir juga yah di http://rama48.blogspot.com/search/label/Belajar%20bahasa%20Jepang
http://rama48.blogspot.com/search/label/Anime
http://rama48.blogspot.com/

 
On 30 Januari 2014 07.53 , www.eifox.net - free asian movies mengatakan...

Hai' Wakarimasu sensei :)

 
On 21 Agustus 2014 01.05 , Q Frestly mengatakan...

hari ulang tahun kakak saya tanggal 3 bulan 8 gimana cara nulisnya