Pada pembahasan sebelumnya gw dah ngejelasin tentang partikel "wa". Masih pada inget kan??Kl lupa silahkan liat di Tutoral Dasar bahasa Jepang yang ngebahas Kalimat Dasar Bahasa Jepang.
Nah pada kesempatan kali ini gw bakal nyoba buat share tentang partikel yang lainnya, yaitu partikel "
mo" dan "no". Apakah itu???? Chek it dot baby...

1. Partikel "
mo"
Partikel "
mo" berarti "pun" atau "juga" dalam bahasa Indonesia. Partikel ini diletakan setelah subjek. Ngerti kan??Masa ga ngerti??
Nih gw kasih contoh supaya lebih jelas...

Partikel “mo”
Pekerjaannya? : O-shigoto wa?
おしごとは?
Saya karyawan. : Watashi wa kaishain desu.
わたしはかいしゃいんです。
Yamada juga karyawan. : Yamada san mo kaishain desu.
やまださんもかいしゃいんです。
Apakah kamu juga karyawan?
: Anata mo kaishain desu ka.
あなたもかいしゃいんですか。
Iya, saya juga karyawan. : Hai, watashi mo kashain desu.
はい、わたしもかいしゃいんです。
Bukan, saya guru. : Iie, watashi wa sensei desu.
いいえ、わたしはせんせいです。
Sumber : http://freejapanese.org/media.php?module=detailmateri&id=42

Catatan buat kalian : karena partikel ini mempunyai fungsi yang sama seperti partikel "wa", yaitu menandakan sebuah subjek, maka apabila partikel "mo" digunakan, partikel "wa" harus dihilangkan. Bingung??Liat contoh berikut :

X :
watashi wa isha desu.anata mo isha desu ka. = saya dokter. apakah anda juga dokter?
Y :
hai, watashi mo isha desu. = ya, saya juga dokter.

Paham kan??Dari contoh di atas kita dapat membuat rumus seperti berikut :
S +
wa + P + desu=benar
S +
mo + P + desu=benar
S +
wa + mo + P + desu=TOLOL...wakakakakakakakkaakka (bercanda bro)


2. Partikel "no"
Ini dia nih yang agak membingungkan. Tapi gampang kok..hahayyyyy...
gw juga dah pernah nyinggung sedikit tentang partikel ini kan??Ada di contoh kalimat
Tutorial Dasar Belajar Bahasa Jepang/Kata Tunjuk/kono,sono,ano,dono. (klik di sini)

Sekarang apakah fungsi partikel ini??Hayoooo ada yang bisa jawab gaaa????
Yup partikel ini berfungsi menggabungkan KB yang satu dengan KB yang lainnya. Singkatnya membentuk pola :

KB1 + no + KB2

Untuk kalian yang baru belajar bahasa Jepang, gw akan share 2 makna dasar partikel ini, tergantung konteks kalimatnya :
1. kepunyaan (milik)
2. tentang

Penting nih buat kalian supaya ga salah. Untuk menggunakan partikel ini, kalian harus mengubah kedudukan KB1 dan KB2 dalam bahasa indonesia menjadi KB2 dan KB1 dalam bahasa Jepang. Begitu pula sebaliknya.

Perhatikan contoh berikut :
watashi no kasa = payung (milik) saya
konpyuuta no zasshi = majalah (tentang) komputer

Pada contoh di atas, kata "
watashi(saya)" dan "konpyuutta(komputer)" mempunyai kedudukan KB1, sedangkan "kasa(payung)" dan "zasshi(majalah)" mempunyai kedudukan KB2. Nah ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kedudukannya berubah kan?Ni jg berlaku sebaliknya coyyy n berlaku untuk semua makna partikel "no"...WASPADALAH WASPADALAHHHHH!!!!!!!!!!!!!!.
Kenapa gw nyuruh kalian waspada??Karena ada temen gw yang udah mau tingkat akhir tapi masih aja salah...ckckckkckckckckck.

oke lanjuutttttttttt...

1. Makna Kepunyaan (milik)

Dah tau cara makenya kan??Tuh ada di contoh kalimat sebelumnya.hehheehehe..
nih gw kasih contoh lagi :
1.
kore wa watashi no tabako desu. = ini (adalah) rokok (milik) saya
2. X :
sono nooto wa dare no desu ka. = buku catatan itu milik siapa?
Y :
(kono nooto wa) ujang-san no desu. = (buku catatan ini) milik pak ujang.

2. Makna Tentang

Langsung gww kasih contoh aje ye ;
1. X :
sore wa nan no zasshi desu ka. = itu majalah tentang apa?
Y :
(kore wa) sakka no zasshi desu. = (ini) majalah tentang sepak bola


Masih ada nih 1 makna dasar lagi, yaitu
asal. Maap lupa..hehehehe..
Perhatikan contoh berikut :
1.
kore wa amerika no konpyuuta desu. = ini komputer amerika
2.
ano hito wa nihon no yamada-san desu. = orang itu tuan yamada yang berasal dari jepang.
3.
watashi wa indonesia no bagus desu. = saya bagus dari indonesia.



Sebenernya mah masih banyak makna lain partikel "no". Tapi untuk awalnya, kuasai dulu makna dasar yg udah gw share yaaaaa...

SEMOGA BERMANFAAT

Comments (1)

On 28 Maret 2013 pukul 21.14 , Ikki Kun mengatakan...

ternyata lebih banyak fungsi partikel no daripada mo ya !! makasih artikelnya !!